Jumat, 16 Oktober 2009

Telematika merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat pada masa ini. Kata telematika adalah kata yang diserap dari bahasa Prancis yaitu “telematique”. Yang pertama kali memperkenalkan kata ini adalah penulis buku berjudul “L’informatisation de la Societe” yaitu Simon Nora dan Alain Minc pada tahun 1978. Istilah telematika dari segi hukum adalah perkembangan sistem elektronik berbasis digital antara teknologi informasi dan media yang awalnya masing – masing berkembang secara terpisah.”

Tapi menurut saya pribadi telematika adalah sebuah bidang ilmu yang menggabungkan beberapa bidang ilmu lain untuk mendukung sarana telekomunikasi dengan menggunakan sistem digital..

Di Indonesia sendiri, saya lihat ilmu telematika sudah sangat berkembang.. Namun, mungkin kita kekurangan pakar telematika.. Saat ini hanya ada Roy Suryo yang aktif dalam penganalisisan yang berkaitan dengan telematika, walaupun beliau juga diragukan kepakarannya…

Dan ternyata di Indonesia ini sudah ada sebuah anugerah penghargaan dalam bidang telematika yaitu APICTA AWARDS yang mengajak seluruh aplikasi telematika untuk diperlombakan di tingkat internasional..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar